Senin, 26 Desember 2011

Program Microcontroller untuk menyalakan LED dengan tombol atau sensor

Selanjutnya kita belajar menyalakan LED menggunakan tombol. Aplikasi ini dapat diasumsikan sebagai aplikasi sensor. Tombol sebagai masukan / sensor dan nyala LED sebagai keluaran. Untuk kebutuhan lain, LED dapat diganti dengan relay untuk mengendalikan rangkaian lain.

Mari kita mulai percobaan ini.
1.Jalankan program TopViewSimulator dan load listing program seperti contoh di bawah. Cara load listing program dan compile nya telah dibahas pada pembahasan sebelumnya, lihat. Dan untuk listing programnya dapat diunduh di sini.

Gambar 1.

2.Pilih menu File → External Modules Setting → Led dan tandai port yang akan digunakan untuk LED yaitu port 1. Lalu tekan OK.

Gambar 2.
3.Untuk tombol pilih menu File → External Mudules Setting → Keyboard dan tandai port untuk tombol, yaitu port 3. Pada Matrix KeyPad pilih None lalu tekan OK.

Gambar 3.
4.Untuk menampilkan LED pilih menu View → External Modules → Led, dan untuk menampilkan tombol pilih menu View → External Modules → Keyboard.

Gambar 4.
5.Selanjutnya jalankan programnya, tekan Go To dan isi dengan 00 lalu tekan Execute. Tampak hasilnya seperti di bawah.

Gambar 5.
6.Nah, kalian dapat mengembangkannya untuk keperluan lain. Misal P3.0 untuk menghidupkan LED dan P3.1 untuk memadamkannya. Listing programnya silakan unduh di sini.

Sumber : http://irdaloves.blogspot.com
Sebagian sudah saya perbaiki :) selamat mencoba..!!!


Artikel Terkait:

1 comments:

Multi Solusi Teknik Pati mengatakan...

salam kenal bos!saya tertarik dengan microkontroler setelah main di blok bos!tolong dong bos,aku di ajarin.....

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.