Jumat, 16 Desember 2011

Muatan Atom Positif dan Negatif

Melanjutkan materi sebelumnya tentang pengertian Listrik, kali ini kita akan membahas tentang Muatan Atom Positif dan Negatif. Atom yang bermuatan negatif (-) memiliki jumlah elektron yang berlebihan, sedangkan atom yang bermuatan positif (+) jumlah elektronnya sedikit atau kekurangan elektron.

Muatan Atom Positif dan Negatif
Muatan Atom Positif dan Negatif
Gambar di atas  memperlihatkan perpindahan elektron berdasarkan percobaan bila sebuah batang karet (rubber rod ) digosok dengan kain wol, elektron-elektron akan berpindah dan berkumpul pada batang karet. Dengan demikian kain wol kondisinya menjadi kekurangan elektron , sedangkan karet memiliki kelebihan elektron menjadi bermuatan negatif.
Selanjutnya sentuhan batang karet kepada bola akan menyebabkan  terjadinya perpindahan kelebihan elektron terhadap bola, dalam hal ini bola memiliki muatan yang sama dengan batang karet.
Apabila batang karet kita dekatkan lagi terhadap bola maka bola akan bergerak menjauhi batang karet seperti  terlihat pada gambar. Dengan kata lain muatan yang senama akan tolak menolak. Dalam percobaan tersebut keduanya bermuatan negatif, jika keduanya bermuatan positif akan terjadi hal yang serupa.
Apa yang akan terjadi apabila kita dekatkan batang yang bermuatan negatif kepada bola yang bermuatan positif ?
Gambar di atas memperlihatkan bahwa bola akan bergerak mendekati batang dan akan ditarik  olehnya ( dalam hal yang sama batang yang bermuatan positif akan menarik bola yang bermuatan negatif).
Dengan kata lain muatan yang tidak senama akan tarik menarik.
Pada materi Muatan Atom Positif dan Negatif ini adapat disimpulkan bahwa, jika muatan sejenis didekatkan maka akan terjadi tolak menolak, sedangkan jika muatan berlainan jenis makan akan tarik menarik.


sumber : http://elektronikaindustri.com


Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.