Jumat, 30 Desember 2011

Pengertian Modem | Cara Kerja Modem | Jenis-jenis Modem

Untuk anda yang biasa berinternet di rumah pasti tahu yang mana namanya modem. Tanpa modem, kita tidak akan bisa berselancar atau ber-email ria di internet. Modem merupakan singkatan dari MOdulator DEModulator, yang merupakan perangkat keras yang membuat komputer mampu mengkonversi data dari/ke dalam bentuk analog (sinyal suara) dan digital. Modulator merupakan bagian yang menyampaikan sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) agar bisa dikirimkan ke penerima melalui media kabel atau media tanpa kabel (wireless). Modulator ini terdapat pada bagian pengirim. Sedangkan Demodulator adalah kebalikan dari modulator, yaitu mengkonversi sinyal berisi data atau pesan dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima dari pengirim sehingga informasi tersebut bisa diproses secara digital. Demodulator ini berada pada bagian penerima. Karena fungsi modulator dan demodulator merupakan fungsi yang berkebalikan, maka tentunya bisa disimpulkan bahwa modem ini merupakan sistem komunikasi dua arah (duplex).

Cara Kerja Modem

Dalam penggunaannya, modem bertugas merubah data dalam bentuk analog dan digital. Saat komputer disambung ke kabel telepon untuk kemudian digunakan berinternet, jika komputer kita akan mengupload/mengirim data, maka informasi/data dari komputer dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya. Saat data/informasi analog tadi sampai ke komputer tujuan, maka modem yang ada pada komputer tujuan akan mengubah kembali bentuk data tersebut (analog) menjadi bentuk digital sehingga bisa diproses oleh komputer tujuan tadi. Begitu pula saat kita men-download data/file, data tersebut merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat masuk ke komputer kita, modem akan seketika mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa ditampilkan. Hal inilah yang memungkinkan komputer-komputer di internet di berbagai belahan dunia bisa berinteraksi satu sama lain.

Jenis-Jenis Modem

Secara fisik, modem terbagi menjadi dua macam, yaitu modem internal dan eksternal.

modem internal- Modem Internal

Modem internal merupakan modem yang terpasang di dalam casing komputer. Jika sebuah modem dipasang dengan cara membuka casing komputer lalu menancapkannya ke dalam salah satu slot pada motherboard, maka modem tersebut adalah modem internal. Contoh lain adalah modem pada laptop. Saat membeli laptop, modem tersebut telah ada di dalam laptop tersebut. Modem internal memerlukan sebuah slot PCI atau slot ISA, tergantung pada interface motherboard. Karena tertancap pada motherboard, maka modem ini menggunakan catu daya yang berasal dari motherboard.

modem eksternal- Modem Eksternal

Kebalikan dengan modem internal, modem eksternal berada di luar casing komputer. Bentuknya berupa kotak dan harus disambungkan ke komputer dan juga disambungkan ke kabel telepon. Modem ini memerlukan catu daya tersendiri. Konektornya bisa berbentuk serial dan juga bisa berbentuk USB. Terdapat dua tipe modem eksternal, yaitu modem kabel dan modem DSL. Modem kabel merupakan modem eksternal yang umum digunakan dan dihubungkan ke komputer melalui Ethernet Card pada slot PCI. Sedangkan modem DSL merupakan modem untuk internet berkecepatan tinggi.

Perbedaan mencolok antara modem internal dan eksternal adalah:
- Umumnya harga modem eksternal lebih mahal dari modem internal.
- Modem eksternal terletak terpisah /diluar dari komputer. Sedangkan modem internal terpasang langsung pada slot ekspansi motherboard.
- Modem eksternal memiliki indikator yang memungkinkan kita memantau status modem. Sedangkan modem internal tidak memiliki indikator status.

Modem jenis lain:

modem kabel- Modem Kabel

Sesuai namanya, modem kabel adalah berupa sumbu kabel, yaitu kabel jaringan televisi yang  menyediakan bandwitdth yang lebih baik dibandingkan modem komuter dial up. Aksesnya cukup cepat, yaitu untuk transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 1 Mbits/s.



modem DSL- Modem DSL (Digital Subscriber Line)

Modem DSL terbagi dua macam, yaitu ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line) dan SDSL (Symetric Digital Subcriber Line).



modem wireless dan modem ponsel- Modem Wireless / Modem Ponsel

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi, maka ponsel pun bisa berfungsi sebagai modem, yaitu terdiri dari modem GSM, modem CDMA, modem 3G, dan modem hasil pengembangan lainnya seperti untuk jaringan WCDMA, HSDPA, dan lain-lain.



Menginstall Modem

Semua perangkat keras komputer memiliki driver (software pendeteksi dan pengendali hardware) untuk bisa menggunakannya. Ini juga berlaku pada modem. Setelah kita menyambung modem ke komputer melalui konektornya, kita juga harus menginstall program driver yang biasanya telah disediakan satu paket bersama modem tersebut.

Sumber : http://www.tipskomputer33.com


Artikel Terkait:

3 comments:

internet mengatakan...

Pengertian modem adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telepon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Modemsebenarnya merupakan singkatan dari modulator-demodulator. Dua kata itu sendiri mewakili dua macam fungsi modem.

Anonim mengatakan...

repost!!
:g

siputih mengatakan...

makasih infonya, buat tugas sekolah ni

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.