Jumat, 30 Desember 2011

Pengertian CPU (Processor)

Komponen PC
Central processing unit. Sebuah cpu adalah merupakan alat atau mesin atau unit proses yang menjalankan intruksi, mengelolanya dan melakukan komunikasi. Cpu juga bisa disebut dengan processor atau microprocessor banyak orang yang menyebutkan bahwa processor atau microprocessor adalah sebagai mesin yang utama atau otak komputer yang kita pakai. Oleh karena itu processor itu adalah alat atau komponen yang dibutuhkan paling utama akan tetapi kalau tidak ada komponen – komponen yang lainnya maka processor tidak dapat bekerja dengan sangat baik karena komponen komputer itu saling berkaitan dengan komponen yang lainnya juga. Maka dari itu saya mengingatkan kepada anda semua kita harus berhati kalau memegang suatu processor yang kita punya karena kalau komponen yang ada pada processor rusak satu maka akan rusak semua untuk itu kita harus berhati-hati.
Microprocessor terbuat dari suatu chip yang sangat kecil, suatu bahan semi konduktor yang mengandung sejumlah komponen transistor dengan ukuran mikroskopik atau ukuran yang sangat kecil sekali. Cpu mempunyai dua bagian penting untuk berjalannya komputer yaitu unit kontrol ( unit control ) dan unit aritmatika – logika ( arithemetic – logical unit atau alu ). Itu yang mengatur segala sesuatu hal yang ada pada sebuah komputer yang saat ini ada didunia teknologi yang semakin canggih ini.
Fungsi – fungsi dari suatu unit yang ada pada komputer, saya akan menjelaskan itu semua jangan khawatir ya nggak tau fungsi satu persatu ini fungsi sebagai berikut :
* unit kontrol ( control unit )
Unit kontrol itu mempunyai fungsi sebagai alat / mesin / unit pengendali seluruh komponen dalam sistem komputer. Pengendaliannya dilakukan dengan berdasarkan intruksi – intruksi yang terdapat pada komputer. Apa yang kita install maka komputer akan mengerjakan itu semua
* unit aritmatika logika ( arithemetic – logical unit atu alu )
Operasi – operasi perhitungan ( aritmatika ) seperti pengurangan, penjumlahan dan perkalian maupun operasi perbandingan ( logika ) dilakukan dalam unit atau mesin ini. Didalam nya terdapat komponen – komponen register komputer ini berupa memory khusus yang digunakan untuk menyimpan hasil operasi alu.
Kecepatan yang terdapat pada cpu banyak sekali macam – macam nya sebagai berikut :
satu mips ( milions intructkions per second ) dipakai untuk menyatakan kecepatan processor. Mips menyatakan jumlah intruksi yang dijadikan oleh cpu perdetik dalam satuan jutaan disamping mips. Ukuran kecepatan cpu juga dinyatakan oleh karakteristik dan frekuensi yang dinyatakan dalam satuan mhz x ghz ( 1 ghz = 1000 mhz ). Karakteristik memberikan arti frekuensi yang dapat dilakukan oleh sebuah processor dalam menjalankan seluruh operasinya semakin tinggi frekuensinya semakin tinggi kecepatan processor tersebut dalam menjalankan operasinya. Sehingga semakin cepat waktu yang dibutuhkan. Pada tahun 2005 kecepatan processor yang tersedia dipasar telah mencapai lebih dari 3 ghz akan tetapi sekarang sudah melebih itu semua. Anda semua jangan heran dengan itu semua karena teknologi sekarang tiap waktu pasti akan berubah dan perubahan itu biasanya cuma memerlukan hitungan detik aja sudah akan berubah semuanya.
Soket processor adalah tempat pemasangan processor atau suatu tempat yang telah disediakan untuk pemasangan suatu processor. Ada banyak jenis nama dari soket processor tergantung dari jumlah kaki dari processor yang akan dipasang. Dalam membeli motherboard sangat penting sekali untuk memperhatikan jenis soket yang digunakan atau mobo yang akan kita beli kalau kita sampai salah memilih suatu processor maka processor yang anda beli bisa saja tidak dapat anda gunakan atau tidak dapat dipasang di soket mobo anda. Contoh soket yang saya ketahui untuk saat ini adalah sebagai berikut :
* soket 478 = intel pentium 4 kebawah
* soket 775 = intel pentum 4 keatas bahkan sampai dengan q2 extrem
* soket am2 sampai dengan amd
* dan masih banyak lagi



Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.