Selasa, 24 Januari 2012

Mengapa komputer sering restart sendiri?

Akhirnya pertanyaan ini terjawab sudah. Mengapa komputer ku sering restart sendiri. Ini merupakan pertanyaan ku hari ini mengapa komputerku sering melakukan restart ulang. padahal komputer itu baru menyala dalam waktu sekitar 1 menit saja.

Setelah ceklak sana ceklak sini dan berbagai referensi ternyata penyebab komputer sering melakukan restart itu dikarena kan beberapa hal berikut:








1. Komputer terinfeksi virus
2. Ada hardware yang rusak
3. Hardware tidak sesuai / kurang kompeten
4. Akibat software yang crash
5. Prosesor panas
6. Memori (RAM)
7. Elcho Motherboard Melendung
8. Harddisk terlalu penuh

Komputer terinfeksi virus

Gejalanya adalah komputer akan merestart setelah kita membuka program-program tertentu. seperti pada pengalaman saya komputer restart setelah membuka firefox, dll.

solusi :
upgrade anti virus, cabut hardisk, scan di komputer lain yang antivirusnya bagus install ulang dengan catatan lebih baik diformat drive c:-nya ..dan jangan lupa untuk mematikan system restore, menghapus folder “recycler” (di hidden) setelah melakukan install ulang dan men-scan komputer dengan menggunakan anti virus terbaru

Ada hardware yang rusak

gejalanya biasanya muncul blue screen saat kita menjalankan aplikasi (bisa games atau program biasa), biasanya disebabkan pemasangan hardware yang kurang pas atau hadware kotor oleh debu, dan yang lebih parah, biasanya karena memori anda mulai rusak

solusi :

buka casing…pastikan hardware anda terpasang dengan pas, dan bersih dari debu… dan bila memori mulai rusak, cabut memori anda, pasangkan di komputer lain..kalau masih menimbulkan gejala yang sama berarti memang karena memori anda mulai rusak dan mau gak mau anda harus menggantinya dengan yang baru

Karena hardware kurang kompeten

Penyebab komputer sering restart sendiri gejalanya komputer langsung restart tanpa peringatan. biasanya gejala ini terjadi setelah anda menginstallkan vga baru. catatan : vga itu biasanya membutuhkan daya minimal 65 watt dari power supply… selain itu juga biasanya diakibatkan kurangnya daya yang masuk ke komputer Anda.

solusi :

Ganti power supply dengan yang lebih banyak mensupplai listrik ke komputer anda…dan bila diakibatkan kurangnya daya (listrik dari PLN biasanya tegangannya menurun di kota besar pada jam 18:00 – 22:00) gunakan UPS, lumayan buat menstabilkan tegangan yang masuk dan menyimpan daya listrik.

Kalau diakibatkan software crash

Penyebab komputer sering restart sendiri Gejalanya mirip hardware crash, muncul blue screen..namun bila diperhatikan di bagian bawah peringatan yang muncul itu berbeda dengan yang diakibatkan hardware crash.. biasanya software yang diinstallkan itu ada yang konflik dengan hardware anda. dan biasanya yang konflik itu adalah software yang akan menggunakan hardware anda seperti : benchmarking-tools, games, graphics software, etc.

solusi :

upgrade driver anda, upgrade juga OS anda karena ada OS dengan versi tertentu kurang kompatibel dengan hardware tertentu dan saat dilihat di forum-forum solusinya harus update OS

Processor Panas

Processor panas umumnya disebabkan fan dan heatsink processor anda tidak bekerja maksimal, atau bahkan mati.

solusi:
Lakukan pengecekan di harware monitor pada bios anda. Bila tidak ada, buka casing komputer untuk melihat apakah fan processor berputar. Juga melihat apakah heatsink anda adalah heatsink standar dan pastikan menempel kuat pada processor. Seringkali, penjepit heatsink patah yang mengakibatkan processor panas.

Memori (RAM)

Memory (RAM) seringkali tidak bekerja maksimal akibat kotoran, karat dan slot memori yang kotor. Lakukan pembersihan dengan kuas pada slot memory dan memory-nya. Pada bagian memory (RAM) yang berhubungan dengan slot memory, lakukan pembersihan dengan penghapus atau kertas koran.


Elcho Motherboard Melendung

Elcho motherboard melendung diakibatkan oleh suhu dalam casing yang panas. Pastikan elcho pada motherboard anda apakah melendung atau tidak. Jika ya, lakukan penggantian elcho yang sesuai dengan besarannya. Berikan penambahan fan casing jika perlu untuk mengurangi panas dalam casing.


Harddisk terlalau penuh

Hardisk yang terlalu penuh, menyebabkan crash pada program. Program memerlukan ruang yang cukup, sehingga bila terlalu penuh, program tidak dapat berjalan sempurna yang mengakibatkan restart pada komputer anda. Buang sebagian program-program yang tidak berguna pada komputer anda. Bila anda memiliki utility cleaner untuk harddisk anda (semacan ccleaner, tuneup utility, dll) jalankan program tersebut untuk membersihkan junk file dan registry anda


Sumber : http://www.duniasharing.com


Artikel Terkait:

4 comments:

keluarga ale mengatakan...

nice gan,, ane pernah tuh,, waktu itu memori terlalu penuh,,, :b kunjungi n koment balik gan :D

Royn mengatakan...

Mungkin agan sudah waktunya membeli memori yg lebih besar kapasitasnya dan tentunya lebih besar pula harganya :D, trims gan visitnya, langsung k TKP.

Bayu Rifai mengatakan...

Kalau saya sering mati karena kepanasan sob,, info bagus sob,,

kunjungan perdana, salam kenal :)

zezen mengatakan...

oo ini to gara2nya banyak jg ya sebabnya... RAM dah ak ganti padahal ... ntar aku cek lg .... :3 thanks infonya ... :h

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.