Kompresor
berfungsi untuk membangkitkan/menghasilkan udara
bertekanan dengan cara menghisap dan memampatkan udara
tersebut
kemudian disimpan di dalam tangki udara kempa untuk
disuplai kepada
pemakai (sistem pneumatik). Kompresor dilengkapi
dengan tabung untuk
menyimpan udara bertekanan, sehingga udara dapat
mencapai jumlah
dan tekanan yang diperlukan. Tabung udara bertekanan
pada kompresordilengkapi dengan katup pengaman, bila tekanan udaranya melebihi
ketentuan, maka katup pengaman akan terbuka secara
otomatis.
Pemilihan jenis kompresor yang digunakan tergantung
dari syarat-syarat
pemakaian yang harus dipenuhi misalnya dengan tekanan
kerja dan volume
udara yang akan diperlukan dalam sistim peralatan (katup
dan silinder
pneumatik). Secara garis besar kompresor dapat
diklasifikasikan seperti di
bawah ini.
1. Klasifi kasi Kompresor
Secara garis besar kompresor dapat diklasifikasikan
menjadi dua bagian,
yaitu Positive Displacement compressor, dan Dynamic
compressor, (Turbo),
Positive Displacement compressor, terdiri dari Reciprocating dan Rotary,
sedangkan Dynamic compressor, (turbo) terdiri
dari Centrifugal, axial dan
ejector,
secara lengkap dapat dilihat dari klasifikasi di bawah ini:
1.1 Kompresor Torak Resiprokal (reciprocating
compressor)
Kompresor
ini dikenal juga dengan kompresor torak, karena dilengkapi
dengan torak yang bekerja bolak-balik atau gerak
resiprokal. Pemasukan
udara diatur oleh katup masuk dan dihisap oleh torak
yang gerakannya
menjauhi katup. Pada saat terjadi pengisapan, tekanan
udara di dalam
silinder mengecil, sehingga udara luar akan masuk ke
dalam silinder secara
alami. Pada saat gerak kompresi torak bergerak ke
titik mati bawah ke
titik mati atas, sehingga udara di atas torak bertekanan
tinggi, selanjutnya
di masukkan ke dalam tabung penyimpan udara. Tabung
penyimpanan
dilengkapi dengan katup satu arah, sehingga udara yang
ada dalam tangki
tidak akan kembali ke silinder. Proses tersebut
berlangsung terus-menerus
hingga diperoleh tekanan udara yang diperlukan.
Gerakan mengisap dan
mengkompresi ke tabung penampung ini berlangsung
secara terus menerus,
pada umumnya bila tekanan dalam tabung telah melebihi
kapasitas, maka
katup pengaman akan terbuka, atau mesin penggerak akan
mati secara
otomatis.
1.2 Kompresor Torak Dua Tingkat Sistem Pendingin Udara
Kompresor
udara bertingkat digunakan untuk menghasilkan tekanan
udara yang lebih tinggi. Udara masuk akan dikompresi
oleh torak pertama,
kemudian didinginkan, selanjutnya dimasukkan dalam
silinder kedua
untuk dikompresi oleh torak kedua sampai pada tekanan
yang diinginkan.
Pemampatan (pengompresian) udara tahap kedua lebih
besar, temperatur
udara akan naik selama terjadi kompresi, sehingga
perlu mengalami proses
pendinginan dengan memasang sistem pendingin. Metode
pendinginan
yang sering digunakan misalnya dengan sistem udara
atau dengan sistem
air bersirkulasi.
Batas
tekanan maksimum untuk jenis kompresor torak resiprokal antara
lain, untuk kompresor satu tingkat tekanan hingga 4
bar, sedangkan dua
tingkat atau lebih tekanannya hingga 15 bar.
1.3 Kompresor Diafragma (diaphragma compressor)
Jenis
Kompresor ini termasuk dalam kelompok kompresor torak. Namun
letak torak dipisahkan melalui sebuah membran
diafragma. Udara yang
masuk dan keluar tidak langsung berhubungan dengan
bagian-bagian yang
bergerak secara resiprokal. Adanya pemisahan ruangan
ini udara akan lebih
terjaga dan bebas dari uap air dan pelumas/oli. Oleh
karena itu kompresor
diafragma banyak digunakan pada industri bahan makanan,
farmasi, obatobatan
dan kimia.
Prinsip kerjanya hampir sama dengan kompresor torak.
perbedaannya
terdapat pada sistem kompresi udara yang akan masuk ke
dalam tangki
penyimpanan udara bertekanan. Torak pada kompresor
diafragma tidak
secara langsung menghisap dan menekan udara, tetapi
menggerakkan
sebuah membran (diafragma) dulu. Dari gerakan diafragma
yang kembang
kempis itulah yang akan menghisap dan menekan udara ke
tabung
penyimpan.
1.4 Kompresor Putar (Rotary Compressor)
Kompresor
Rotari Baling-baling Luncur
Secara eksentrik rotor dipasang berputar dalam rumah
yang berbentuk
silindris, mempunyai lubang-lubang masuk dan keluar.
Keuntungan dari
kompresor jenis ini adalah mempunyai bentuk yang
pendek dan kecil,
sehingga menghemat ruangan. Bahkan suaranya tidak
berisik dan halus
dalam, dapat menghantarkan dan menghasilkan udara
secara terus menerus
dengan mantap. Baling-baling luncur dimasukkan ke
dalam lubang yang
tergabung dalam rotor dan ruangan dengan bentuk
dinding silindris. Ketika
rotor mulai berputar, energi gaya sentrifugal
baling-balingnya akan melawan
dinding. Karena bentuk dari rumah baling-baling itu
sendiri yang tidak sepusat
dengan rotornya maka ukuran ruangan dapat diperbesar
atau diperkecil
menurut arah masuknya (mengalirnya) udara.
1.5 Kompresor Sekrup (Screw)
Kompresor Sekrup memiliki dua rotor
yang saling berpasangan atau
bertautan
(engage), yang satu mempunyai bentuk cekung, sedangkan
lainnya
berbentuk cembung, sehingga dapat memindahkan udara secara
aksial
ke sisi lainnya. Kedua rotor itu identik dengan sepasang roda gigi
helix yang
saling bertautan. Jika roda-roda gigi tersebut berbentuk lurus,
maka
kompresor ini dapat digunakan sebagai pompa hidrolik pada pesawatpesawat
hidrolik.
Roda-roda gigi kompresor sekrup harus diletakkan pada
rumah-rumah
roda gigi dengan benar sehingga betul-betul dapat menghisap
dan menekan fluida.
1.6 Kompresor Root Blower (Sayap Kupu-kupu)
Kompresor jenis ini akan mengisap
udara luar dari satu sisi ke sisi yang
lain
tanpa ada perubahan volume. Torak membuat penguncian pada bagian
sisi
yang bertekanan. Prinsip kompresor ini ternyata dapat disamakan dengan
pompa
pelumas model kupu-kupu pada sebuah motor bakar. Beberapa
kelemahannya
adalah: tingkat kebocoran yang tinggi. Kebocoran terjadi
karena
antara baling-baling dan rumahnya tidak dapat saling rapat betul.
Berbeda
jika dibandingkan dengan pompa pelumas pada motor bakar,
karena
fluidanya adalah minyak pelumas maka film-film minyak sendiri
sudah
menjadi bahan perapat antara dinding rumah dan sayap-sayap kupu
itu.
Dilihat dari konstruksinya, Sayap kupu-kupu di dalam rumah pompa
digerakan
oleh sepasang roda gigi yang saling bertautan juga, sehingga
dapat berputar tepat pada dinding.
1.7 Kompresor Aliran (turbo compressor)
Jenis kompresor ini cocok untuk
menghasilkan volume udara yang
besar.
Kompresor aliran udara ada yang dibuat dengan arah masuknya
udara
secara aksial dan ada yang secara radial. Arah aliran udara dapat
dirubah
dalam satu roda turbin atau lebih untuk menghasilkan kecepatan
aliran
udara yang diperlukan. Energi kinetik yang ditimbulkan menjadi energi
bentuk
tekanan.
1.8 Kompresor Aliran Radial
Percepatan yang ditimbulkan oleh
kompresor aliran radial berasal dari
ruangan
ke ruangan berikutnya secara radial. Pada lubang masuk pertama
udara
dilemparkan keluar menjauhi sumbu. Bila kompresornya bertingkat,
maka
dari tingkat pertama udara akan dipantulkan kembali mendekati sumbu.
Dari
tingkat pertama masuk lagi ke tingkat berikutnya, sampai beberapa
tingkat
sesuai yang dibutuhkan. Semakin banyak tingkat dari susunan sudusudu
tersebut
maka akan semakin tinggi tekanan udara yang dihasilkan.
Prinsip
kerja kompresor radial akan mengisap udara luar melalui sudu-sudu
rotor,
udara akan terisap masuk ke dalam ruangan isap lalu dikompresi
dan
akan ditampung pada tangki penyimpanan udara bertekanan hingga
tekanannya sesuai dengan kebutuhan.
1.9 Kompresor Aliran Aksial
Pada kompresor aliran aksial, udara
akan mendapatkan percepatan
oleh
sudu yang terdapat pada rotor dan arah alirannya ke arah aksial yaitu
searah
(sejajar) dengan sumbu rotor. Jadi pengisapan dan penekanan
udara
terjadi saat rangkaian sudu-sudu pada rotor itu berputar secara cepat.
Putaran
cepat ini mutlak diperlukan untuk mendapatkan aliran udara yang
mempunyai
tekanan yang diinginkan. Teringat pula alat semacam ini adalah
seperti
kompresor pada sistem turbin gas atau mesin-mesin pesawat terbang
turbo
propeller. Bedanya, jika pada turbin gas adalah menghasilkan mekanik
putar
pada porosnya. Tetapi, pada kompresor ini tenaga mekanik dari mesin
akan memutar rotor sehingga akan menghasilkan udara bertekanan.
2. Penggerak
Kompresor
Penggerak kompresor berfungsi untuk
memutar kompresor, sehingga
kompresor
dapat bekerja secara optiomal. Penggerak kompresor yang sering
digunakan
biasanya berupa motor listrik dan motor bakar seperti gambar
12.
Kompresor berdaya rendah menggunakan motor listrik dua phase atau
motor
bensin. sedangkan kompresor berdaya besar memerlukan motor
listrik
3 phase atau mesin diesel. Penggunaan mesin bensin atau diesel
biasanya
digunakan bilamana lokasi disekitarnya tidak terdapat aliran listrik
atau
cenderung non stasioner. Kompresor yang digunakan di pabrik-pabrik
kebanyakan
digerakkan oleh motor listrik karena biasanya terdapat instalasi
listrik dan cenderung stasionar (tidak berpindah-pindah).
Sumber: bse (buku
sekolah elektronik)
6 comments:
banyak jga ya macam2 kompresor . tambah wawasan ane nih gan . terima kasih sudah share, keep posting :)
Iya karena disesuaikan dengan kebutuhan., makasih gan,.
bisa bantu cari sistem kerja Kompresor Aliran (turbo compressor)
dan sama gambar nya aku mau naya Kompresor Aliran (turbo compressor) termasuk jenis apa ya Centrifugal, axial atau ejector tolong ya
blog kamu bagus nambah wawasan juga
makasih
To the point...
Buat agan2...ada yg punya air kompressor bekas dan murah gak.. tipe mesin bukan listrik ada kasih tw yah tks...
PT Water Hitecindo adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang pengolahan air bersih dan pengolahan air limbah. Kami menyediakan perlengkapan dan peralatan pengolahan air serta perancangan untuk water treatment plant seperti Water Filtration System, Reverse Osmosis Plant, Mineral Water Plant, Water Softening Plant, Demineralisation Plant dan Sewage Treatment Plant
PT Tirtapure Envirotek adalah perusahaan kontraktor dan penyedia peralatan untuk pengolahan air bersih dan pengolahan air limbah. Dengan dukungan tenaga ahli serta berpengalaman dalam bidang water treatment, PT Tirtapure Envirotek mampu memberikan pelayanan perencanaan, pengadaan dan instalasi Water Treatment Plant (WTP) ataupun Waste Water Treatment Plant (WWTP)
Posting Komentar
Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.