Senin, 09 Januari 2012

Sejarah Solar Cell

Modul Solar Cell adalah peralatan elektronik yang berfungsi mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Dari modul tersebut energi listrik yang berupa arus 12VDC bisa langsung digunakan atau lebih baiknya digunakan system penyimpanan dengan battery sehingga diwaktu malam bisa digunakan. Modul solar cell terdiri dari 2 type yaitu, type monocrystal , type polycrystal  dan amorphose dan semua type type  tersebut  memiliki satuan daya yang disebut  kapasitas Watt Peak (WP) .
Istilah “fotovoltaik”berasal dari  bahasa Yunani (phos) yang berarti “cahaya”, dan “volta”, yang berarti listrik, dari nama fisikawan Italia Volta, setelah yang satu unit kekuatan elektro-motif, volt, diberi nama . Istilah “foto-volta” telah digunakan dalam bahasa Inggris sejak 1849.
Efek photovoltaic pertama kali dikenal pada tahun 1839 oleh fisikawan Perancis AE Becquerel. Namun, tidak sampai 1883 bahwa sel fotovoltaik pertama dibangun, oleh Charles Fritts, yang dilapisi selenium semikonduktor dengan lapisan emas yang sangat tipis untuk membentuk persimpangan. Perangkat hanya sekitar 1% efisien. Pada 1888 fisikawan Rusia Aleksandr Stoletov membangun sel fotolistrik pertama (berdasarkan pada efek fotolistrik luar ditemukan oleh Heinrich Hertz sebelumnya pada tahun 1887). Albert Einstein menjelaskan efek fotolistrik pada tahun 1905 di mana ia menerima Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 1921.

Sumber : http://krisnaenergi.com


Artikel Terkait:

3 comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.