Rabu, 11 Januari 2012

Membuat PCB dengan Bantuan Software EAGLE

Bagi anda hobbyist elektronika, pengetahuan membuat PCB adalah perlu. Sebab walaupun merangkai sebuah proyek elektronika pada perforated PCB atau PCB bolong-bolong bisa dilakukan dengan cepat, tetapi untuk proyek yang cukup besar, tugas sekolah atau proyek untuk dijual kepada klien tetap perlu PCB yang rapi agar mudah trouble shooting-nya dan terlihat lebih pro.
Ada banyak software yang dapat membantu kita membuat layout PCB secara otomatis berdasarkan skema yang kita buat. Misalnya Orcad, Protel, dsb. Salah satunya yang cukup populer saat ini dan ada versi gratis nya adalah software EAGLE. Software ini bisa didownload di website permbuatnya, Cadsoft.
Software untuk membuat PCB
Software EAGLE cukup populer dikalangan mahasiswa dan hobbyist elektronika. Selain karena gratis, juga penggunaan nya cukup praktis. Antara lain dapat berpindah secara instan dari mode skematik ke mode layout PCB tanpa perlu melakukan import skema. Apabila ada perubahan di bagian skematik, di bagian layout pun akan otomatis terupdate dengan perubahan skema tersebut.

EAGLE juga bahkan bisa membuat tampilan 3D seperti di bawah ini. ‘Plugin’ 3D untuk EAGLE dapat didownload gratis di sini.
Membuat PCB 3 dimensi dengan EAGLE


Artikel Terkait:

1 comments:

Unknown mengatakan...

makasih artikelnya ..
kunjungi balik yah ..
http://belajar-bisnis10.blogspot.com

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.