Selasa, 01 Oktober 2013

Cara Paling Cepat Konversi Bilangan Binner ke Desimal

Ternyata tangan kita selain bisa digunakan untuk ngupil, makan, namun bisa juga digunakan sebagai converter (penukar) disaat keadaan darurat, misalnya saat ujian, saat di tanya oleh atasan kita dan sebagainya. Disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai cara menggunakan tangan kita untuk hal positif yaitu mengkonversikan bilangan binner (4 bit) ke bilangan desimal. Bagi yang belum tahu apa itu binner dan desimal silahkan lihat posting saya mengenai sistem bilangan. Perhatikan gambar tangan berikut!


Angka-angka tersebut adalah bilangan desimal. Lho kenapa mas kok habis 2 langsung 4 kemudian 8? Karena rumusnya
 Kok ibu jari gak ada tulisannya? Karena kita hanya menggunakan 4 bit (jadi kita abaikan saja ibu jari). Kalau ingin lebih dari 4 bit silahkan tulis sendiri pada jari Anda dengan rumus diatas dimana n=bit. Contoh: Ibu jari pada gambar disamping adalah bit kelima, jadi

Nah sekarang sudah jelas alasan saya menulis angka-angka sedemikian rupa? Mulai konversi ya? Perhatikan gambar tangan berikut!


Setiap jari yang tegak kita anggap sebagai angka 1 binner dan jari terlipat bernilai 0. Jika kita perhatikan gambar disamping maka akan kita dapati bilangan biner bernilai 1111. Jumlahkan jari yang tegak. Karena semua jari tegak maka : 8+4+2+1=15, jadi 1111=15. Mudah bukan?






 Kita coba contoh lain. Perhatikan gambar tangan berikut! Dari gambar disamping kita dapati bilangan binner 1000. Ingat! Yang dijumlah adalah jari yang tegak. Jadi 1000=8. Masih belum jelas?








Contoh lagi deeh.. :D Perhatikan gambar tangan disamping!
 Dari gambar disamping maka kita dapati bilangan binner bernilai 1001. Karena yang tegak bernilai 8 dan 1 maka kita jumlahkan 8+1=9. Jadi 1001=9.







Contoh satu lagi kalo gak bisa ya parah :D. Gambar disamping nilai binnernya 1100. Telunjuk bernilai 8 dan jari tengah bernilai 4, maka 8+4=12. Jadi 1100=12. Selamat! Anda berhasil mengkonversi bilangan binner ke desimal tanpa kalkulator maupun tabel. Demikian yang bisa saya sampaikan melalui coretan saya dan semoga bermanfaat. Mohon kritik dan sarannya ya? Terimakasih.


Artikel Terkait:

2 comments:

Royn mengatakan...

pertamax e aku dewe :2

Anonim mengatakan...

makasih gan
gua jadi bisa lebih unggul dari teman" gua

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.