Minggu, 17 Maret 2013

Prinsip Teknologi Wireless Charging

Bayangkan jika mobil-mobilan dengan motor listrik yang Anda punyai bisa diberi daya tanpa batere terhubung langsung ke motor tersebut. Semacam remote control, jadi listrik dialirkan secara nirkabel melalui antena. Betapa konyolnya hal itu, ketika SMP saya ingin memiliki mobil remote control namun belum mempunyai cukup uang untuk membelinya. Lebih konyol lagi, saking pengennya remote control, saya kemudian bereksperimen dengan menghubungkan kutub batere dengan magnet di satu sisi dan di sisi lainnya saya hubungkan magnet yang lain ke motor listrik pada mobil, dengan harapan aliran listrik akan terpancar melalui magnet.

Ternyata apa yang saya lakukan itu bisa diimplementasikan dengan menggunakan sistem induksi dengan memanfaatkan medan magnetis untuk memindahkan energi tanpa kabel. Penerapan yang paling banyak dijumpai saat ini adalah wireless charging pada ponsel, dimana ponsel tidak terhubung langsung pada charger melalui kabel, akan tetapi cukup diletakkan pada jarak yang cukup dekat agar induksi magnet charger bisa menjangkau kumparan pada ponsel.


Wireless Charging Pada Ponsel


Induksi magnetik pada transformator

Jadi, bagaimana cara kerja wireless charging ini? Jika Anda ingat pelajaran mengenai trafo atau transformator di SMP, cara kerja wireless charging sedikit banyak menyerupai cara kerja transformator: aliran listrik diubah menjadi medan magnet pada kumparan primer dan diubah kembali menjadi aliran listrik pada kumparan sekunder. Hal yang membedakan adalah medan magnet diinduksikan dengan media inti besi pada transformator, sedangkan pada wireless charging media induksinya adalah ruang udara.



Kumparan primer (sebagai charger) pada wireless charging ponsel biasanya berbentuk papan atau silinder tipis seperti pada ponsel iPhone, Nokia Lumia atau Palm Touchstone, sedangkan kumparan sekunder terletak pada bagian belakang ponsel. Untuk melakukan pengisian baterai, ponsel diletakkan pada area medan magnet kumparan primer untuk bisa menerima induksi magnetiknya.

Nih gambar wireless power transfer


Keren kan?


baca juga nih disini :
Wikipedia
Wikipedia
Instructables



Bacaan lebih lanjut:
http://en.wikipedia.org/wiki/Inductive_charging


Artikel Terkait:

2 comments:

Thief Bloger mengatakan...

gan kapasitor yang digunain itu besarnya berapa??

Royn mengatakan...

maaf lama balas komen agan, 4n7 100 volt

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini. SPAM, sumpah serapah, dan kata-kata tidak sopan akan segera saya hapus.